Mata kuliah ini membahas tentang perkembangan peternakan/ternak perah, bangsa ternak perah dan karakteristiknya, manajemen produksi ternak perah, faktor yang mempengaruhi produksi ternak perah, metode estimasi produksi susu, seleksi, program recording serta analisis usaha peternakan ternak perah.


Mempelajari tentang prinsip pendirian dan manajemen pengelolaan RPH/RPU, perundang-undangan, sertifikasi, sanitasi & hygiene, proses pemotongan ternak dan potongan komersial serta hubungannya dengan kualitas karkas dan daging yang dihasilkan (untuk ternak sapi, domba, kambing dan ayam). Mata kuliah ini juga membahas tentang karakteristik dan metode evaluasi karkas serta klasifikasi dan grading pada karkas sapi, domba dan kambing serta unggas.


Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa dapat memahami prinsip pendirian dan pengelolaan suatu RPH/RPU, melakukan proses pemotongan ternak serta penanganan karkas dan daging (sapi, domba, kambing dan unggas).

Mempelajari tentang penyakit-penyakit yang khusus dan banyak ditemui pada ternak besar, kecil dan unggas dan faktor-faktor yang menjadi penyebab penyakit pada ternak (infeksius dan non infeksius). Serta pengetahuan praktis untuk pencegahan dan cara pengobatannya (sanitasi dan vaksinasi).


Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat mengetahui tentang pengelolaan peternakan, khususnya dalam hal manajemen kesehatan ternak dengan cara mengetahui penyakit dan faktor penyebab penyakit, serta manajemen pencegahan dan pengobatannya.