Mata kuliah ini berisikan tentang topik yang berkaitan tentang pengertian, manfaat, dan peranan sayuran; budi daya beberapa famili sayuran (Brassicaceae, Cucurbitaceae, Fabaceae, Solanaceae, Liliaceae, dan Amaranthaceae); budi daya tanaman sayuran dengan teknik hidroponik; penanganan panen dan pasca panen sayuran; analisis usaha budi daya tanaman sayuran; dan manajemen pemasaran serta kebijakan pengembangan sayuran.

Mata kuliah ini membahas tentang macam-macam tanaman pangan, syarat tumbuh tanaman pangan, tehnik budidayanya serta membahas permasalahan-permasalahan yang ada di lapangan dalam budidaya tanaman pangan.


Mata kuliah ini membahas tentang konsep tanah, proses pembentukan tanah, sifat fisika tanah, air tanah, sifat dan ciri biologi tanah, sifat kimia dan kesuburan tanah, hubungan hara tanah dan tanaman, pupuk dan pemupukan, erosi dan konservasi tanah, klasifikasi tanah, penurunan dan kerusakan tanah, tanah dan lingkungan hidup.

Mata kuliah ini berisikan tentang topik yang berkaitan tentang pembentukan dan perkembangan benih, metabolisme perkecambahan dan dormansi benih, pengertian viabilitas benih dan pengujian mutu benih, proses pengadaan dan pengawasan benih bermutu (produksi dan sertifikasi, pengolahan dan penyimpanan), hama dan penyakit benih serta pentingnya penggunaan benih bermutu dalam produksi tanaman.

Membahas tentang dasar-dasar teori dan ilmu organisasi kehidupan dan lingkungannya, fungsi dan struktur tumbuhan, dan peranan biologi dalam pertanian, industri dan sumberdaya alam, serta analisis mengenai dampak lingkungan.