Perkuliahan akan membahas: Konsep dan tantangan MSDM; Beberapa pendekatan dalam MSDM, Tujuan, Fungsi dan Peran MSDM; Perencanaan SDM; Rancangan Organisasi dan Analisis Pekerjaan; Rekrutmen, Seleksi, Pengenalan dan Penempatan; Kompensasi; Pelatihan dan Pengembangan SDM; Praktik Lapangan; Perencanaan dan Pengembangan Karier; Penilaian Kinerja dan Prestasi Kerja; Presentasi hasil studi lapangan.

Mata kuliah ini dirancang dan disusun untuk membahas berbagai topik yang berkaitan dengan ilmu sosiologi pedesaan membahas mulai dari masyarakat pedesaan dari perspektif sosiologi, termasuk pengertian dan ruang lingkup sosiologi pedesaan. Masyarakat pedesaan yang dikaji meliputi sistem dan struktur sosial yang statis atau dinamis menggunakan konsep-konsep dasar sosiologi seperti; kelembagaan, stratifikasi, organisasi, kekuasaan, perubahan sosial dll.

 Mata kuliah ini memberikan pengetahuan mengenai konsep bisnis, sistem agribisnis dan keterkaiatan antar sub sistem, eksplorasi lingkungan bisnis, aplikasi prinsip ekonomi dalam bisnis, pengambilan keputusan dibawah risiko dan ketidakpastian serta aplikasi prinsip manajemen dalam bisnis.


Matakuliah ini membahas mengenai konsep kualitas, perkembangan manajemen kualitas dan sistem kualitas, penentuan kualitas berdasarkan pendapat konsumen, perangkat manajemen kualitas, prinsip dan teknik statistik untuk pengendalian proses,  implementasi manajemen kualitas (TQM), biaya mutu, metode analisa pengendalian mutu (seven tools), serta metode six sigma.


Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dalam mengoperasikan software metode kuantitatif, dan menganalisis hasil perhitungan software. Matakuliah ini membahas mengenai uji asumsi dasar, realibilitas dan validitas, statistik deskriptif, korelasi, sederhana, korelasi parsial, regresi sederhana, regresi berganda, penyimpangan regresi, variabel dummy, uji perbedaan  rata-rata, dan  uji kai kuadrat.